<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d2486026322037513735\x26blogName\x3dMinangkabau+Tanah+Pusaka\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://minangkabautanahpusaka.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://minangkabautanahpusaka.blogspot.com/\x26vt\x3d4445961148841141675', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Minangkabau Tanah Pusaka

Pendahuluan

Friday, April 6, 2007

Adat Minangkabau adalah falsafah hidup orang-orang Minangkabau. Berbicara tentang adat, berarti berbicara tentang kebudayaannya. Sebagai anak Minangkabau kita wajib mengetahui kebaikan Sistim Matrilinial yang jadi anutan orang Minangkabau.

Keelokan adat Minangkabau ialah pada susunan harta pusaka tinggi yang bertolak dari sistim matrilinial, seperti kata Buya Hamka: "Di Minangkabau, dengan adanya pusaka tinggi, menjamin hidup anak-kemenakan. Diantara daerah yang tidak terlalu parah karena ancaman kelaparan di zaman Jepang ialah Minangkabau karena pusaka tingginya".
posted by Okto Jumadhani, SE, 9:28 PM

1 Comments:

Saya percaya bahwa adat matrilineal itu berguna dalam melindungi wanita dan karena itulah tindak kekerasan terhadap wanita di Sumatera Barat adalah yang terendah di Indonesia.

Kalau berminat ingin mengetahui minangkabau saya ketemu situs yang menarik



http://www.pelaminanminang.com

Add a comment